Blogger Jateng

Sukses Berkat Usaha Laundry

Cerita Kesuksesan Pengusaha Laundry

Tidak sedikit cerita tentang orang yang sukses berkat usaha laundry, baik mereka usaha di desa maupun di wilayah perkotaan, mereka memiliki tekat yang kuat untuk terus berkarya.

Hal inilah yang sering membuat seorang pengusaha laundry pemula untuk selalu mencari cara agar usaha mereka berjalan dengan lancar dan semakin meningkat.

Maka dari itu ada beberapa cara yang perlu dipelajari tentang usaha ini, yang tentunya sesuai dengan pengalaman masing-masing di tempat usaha mereka.

Sukses Berkat Usaha Laundry

Cerita tentang kesuksesan orang yang memiliki bisnis laundry ini seringkali membuat para pemula tergiur kemudian mencobanya. Hal ini sering tidak sesuai dengan yang diharapkan seperti di cerita-cerita tersebut.

Banyak yang mengalami kegagalan karena tidak mengetahui prosesnya, tidak memahami cara merekrut pegawai, dan kurang teliti dalam memanajemen keungan yang mereka dapati.

Oleh karena itu saya akan memberikan beberapa tips agar usaha yang kalian miliki mampu memberikan dampak baik bagi pengusaha laundry.

Baca juga: Strategi Anies Baswedan Mengatasi Pengangguran di Indonesia

Tips Sukses Usaha Laundry

Inilah beberapa Kiat Sukses Usaha Laundry dengan bermodal dibawah Rp.10 Juta yang bisa kamu coba di rumah.

Usaha Laundry masih menjadi bisnis yang menjanjikan saat ini. Terutama jika lokasi usaha laundry tersebut berada di lingkungan yang berisi pekerja kantoran dan mahasiswa.

Sibuknya pekerja kantor dan mahasiswa, sehingga membuat mereka tidak memiliki waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri.

Hal ini tentunya menjadi peluang para pegiat usaha laundry untuk memulai usaha di bidang tersebut.

Dan tahukah Kita jika modal untuk membuka usaha laundry ini tidak lebih dari 10 juta?

Rinciannya akan di uraikan dalam artikel kali ini beserta kiat sukses untuk bersaing di dalam usaha ini. Yuk kita simak!

Mengapa Harus Usaha Laundry?

Mari kita ulas pertanyaan di atas ini dari berbagai pengalaman serta cerita para pegiat usaha loandry ini.

1. Memiliki Target yang Jelas

Target customer usaha laundry tidak terbatas gender dan usia. Baik laki-laki maupun perempuan, dari segala jenis pakaian dewasa maupun anak-anak membutuhkan jasa laundry.

Dengan kesempatan ini, diharapkan dapat menjadi peluang untuk mendapatkan pendapatan yang besar juga.

Mudah untuk dijalankan, termasuk peralatan yang digunakan.

Berbeda dengan industri manufaktur maupun pengolahan makanan yang membutuhkan mesin pengolahan yang harus dikustom, dalam beberapa kondisi usaha laundry tidak membutuhkan peralatan dan perlengkapan yang serba canggih.

Kecuali, jika usaha laundry tersebut sudah berskala besar dan memiliki banyak cabang di berbagai daerah, maka kebutuhan peralatan seperti mesin pengering yang dapat mengeringkan baju secara cepat maupun parfum laundry dengan berbagai aroma, maka dibutuhkan peralatan dan biaya yang cukup besar.

Baca juga: 10 Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

2. Bisa Dikerjaan Dirumah

Ya, usaha laundry merupakan usaha yang dapat di jalankan di rumah tinggal kita sendiri. Tidak perlu menyewa ruko ataupun kios sebagai tempat beroperasi usaha.

Kita dapat menggunakan ruang kosong di rumah ataupun halaman sebagai tempat operasional laundry. Cukup memangkas biaya bukan?

3. Penghasilan Besar

Dengan dapat memangkas biaya sewa gedung dan target customer yang menjanjikan, peluang mendapat penghasilan dan keuntungan yang tinggi sangat mungkin dapat tercapai.

Segala jenis bisnis pasti memiliki risiko, bagaimana kita mengelola dan memitigasi risiko agar tidak terjadi kegagalan adalah hal yang harus di perhatikan.

Kemudian, asumsikan pendapatan per bulan Kita adalah Rp.10.500.000. Angka tersebut didapat jika Kita mendapatkan pesanan laundry 50kg per hari dengan Rp.7.000 per kg nya (50kg x Rp.7.000 x 30 hari = Rp.10.500.000)

Apabila pendapatan tersebut di kurangi dengan biaya operasional per bulan, maka akan di dapat pendapatan bersih sebesar Rp.8.000.000 (Rp 10.500.000 - 2.500.000 = Rp.8.000.000)

Dengan asumsi pendapatan per bulan tersebut, maka hanya dalam dua bulan, modal usaha Kita sudah kembali atau menyentuh titik Break Event Point (BEP).

Resep Sukses Usaha Laundry

Sukses Berkat Usaha Laundry

Pilihlah lokasi yang ramai dan dekat dengan kawasan pekerja kantoran dan mahasiswa. Seperti yang telah di jelaskan di atas, target customer tersebut lebih membutuhkan jasa laundry di bandingkan dengan Kawasan yang cenderung sepi.

Jika memungkinkan, pilihlah tempat operasional yang dekat dengan jalan raya sehingga lebih dapat terlihat oleh calon customer.

Gunakan Strategi Marketing

Seperti berikan promo saat periode pembukaan hingga jangka waktu tertentu misalnya 1 bulan. Contoh bentuk program promo tersebut adalah dengan memberikan potongan harga 50% dari harga normal untuk 50 customer pertama. Atau laundry minimal 3kg gratis 1kg dan program promosional lainnya.

Usahakan strategi marketing tersebut tepat sasaran dan lakukanlah evaluasi secara rutin.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Online Yang Menarik

Melakukan Competitor Analysis

Jumlah pemain usaha laundry di kota besar maupun kecil tidaklah sedikit. Lakukan Analisa competitor secara rutin untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan competitor. Dengan mengetahui informasi tersebut, akan sangat berguna untuk evaluasi produk yang kita miliki.

Tentukan Harga Sesuai Pasaran

Biasanya terdapat komunitas pengusaha laundry di setiap kelurahan ataupun kecamatan. Gunanya untuk menetapkan harga standar laundry per kilonya.

Tentunya harga tersebut didapat dari Analisa kemampuan para calon customer dan keuntungan yang didapat oleh pengusaha laundry. Anggota di perkumpulan pengusaha laundry tersebut, tidak boleh menetapkan harga di atas maupun jauh dibawah harga yang telah ditetapkan.

Harga usaha laundry per kilogram bervariasi di setiap daerah. Misal, di Jabodetabek dipatok harga Rp 8.000 – 9.500 per kilogramnya, di Bali mulai dari Rp 5.000 – 7.000, area Jawa Tengah Rp 5.500 – 7.000 per kilonya, dan lain-lain.

Utamakan Kepuasan Pelanggan

Apa jadinya bisnis tanpa pelanggan. Layani pelanggan dengan sebaik dan setulus mungkin. Bersikaplah ramah, berikanlah senyum sapa kepada pelanggan baru maupun setia.

Selain itu, Kita juga dapat memberikan gratis ongkos kirim kepada pelanggan yang dekat dengan usaha laundry Kita. Tentunya, hal ini dapat menjadi competitive advantage bagi bisnis Kita.

Penutup

Itulah beberapa kita dan resep usaha laundry dan semoga saja kalian yang memiliki usaha ini dapat sukses berkat usaha laundry.

Post a Comment for "Sukses Berkat Usaha Laundry"