Blogger Jateng

Hukum Baca Yasin 3 Kali saat Malam Nisfu Syakban

Hukum Baca Yasin 3 Kali saat Malam Nisfu Syakban

Sitloker.biz.id, Situs Lowongan Kerja Terpercaya - Wajibkah Baca Yasin 3 Kali saat Malam Nisfu Syakban? Ini Hukumnya Menurut NU

Salah satu amalan saat malam Nisfu Syakban pada Selasa (7/3/2023) adalah membaca Surat Yasin, lalu bagaimana dengan hukumnya, apakah diwajibkan?

Pada malam Nisfu Syakban yang jatuh pada nanti malam merupakan malam istimewa karena diyakini semua dosa akan dihapuskan bagi mereka yang memohon ampunan.

Hukum Baca Yasin 3 Kali saat Malam Nisfu Syakban

“Apabila tiba malam Nisfu Syakban, maka malaikat berseru menyampaikan dari Allah: adakah orang yang memohon ampun maka aku ampuni, adakah orang yang meminta sesuatu maka aku berikan permintaannya.” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman).

Baca juga: 10 Cara Jualan Di Shopee Untuk Pemula

Nah, saat malam Nisfu Syakban terdapat beragam amalan, yang salah satunya adalah membaca Surat Yasin tiga kali yang hukumnya dianjurkan.

Mengutip keterangan Nahdlatul Ulama dalam laman resminya, NU online, membaca Surat Yasin tiga kali tersebut diiringi dengan permintaan berupa keberkahan pada umur, harta, dan hajat-hajat lainnya.

“Tapi tak ada larangan bagi seseorang yang mengiringi amal salihnya dengan permintaan dan permohonan hajat agama dan dunia, jiwa dan raga, lahir dan batin.

Siapa saja yang membaca surat Yasin atau surat lainnya dengan ikhlas lillahi ta‘ala sambil memohon keberkahan pada usia, harta, dan kesehatan, maka hal itu tak masalah.

Artinya, orang ini telah menempuh jalan yang baik (dengan catatan ia tidak meyakini bahwa amal salihnya itu disyariatkan secara khusus untuk hajat tersebut).

Silakan membaca surat Yasin 3 kali, 30 kali, 100 kali, atau mengkhatamkan 30 juz Al-Quran secara ikhlas lillahi ta‘ala di iringi dengan permohonan atas segala hajat, doa agar harapan terwujud, permintaan agar dibukakan dari kebimbangan, pengharapan agar dibebaskan dari kesulitan, permohonan kesembuhan dari penyakit, permintaan kepada Allah agar utang terbayar.

Lalu di mana masalahnya? Allah senang terhadap hamba-Nya yang bermunajat kepada-Nya atas pemenuhan hajat apapun termasuk hajat atas garam pelengkap masakan dan hajat atas tali sandal yang rusak.”

Selain membaca Surat Yasin sebanyak tiga kali, umat muslim dianjurkan untuk berdoa, memperbanyak syahadat dan istigfar saat malam Nisfu Syakban tiba.

Sumber: Solopos

Post a Comment for "Hukum Baca Yasin 3 Kali saat Malam Nisfu Syakban"